Steve McManaman Tak Lihat Real Madrid Melemah

By ommed


nusakini.com - Keputusan Cristiano Ronaldo meninggalkan Real Madrid untuk Juventus pada bursa musim panas lalu, masih jadi perbincangan panas khalayak sepakbola hingga detik ini.

Terutama soal bagaimana dampaknya untuk Madrid, yang begitu adidaya di Eropa lewat torehan hat-trick trofi Liga Champions dalam tiga musim terakhir. Banyak yang memprediksi Los Galacticos takkan sekuat saat dibela CR7.

Namun opini yang berbeda diberikan legenda Madrid asal Inggris, Steve McManaman. Dia memandang Los Blancos masih akan perkasa terutama untuk pertahankan gelar Liga Champions

"Saya pikir Liga Champions selalu berlangsung sulit. Namun fakta bahwa Cristiano pergi, tidak lantas bisa disimpulkan bahwa kans Madrid jadi mengecil. Madrid sangatlah kuat, sebagaimana mereka sanggup menjuarai Liga Champions tiga kali beruntun. Mereka tim yang fantastis," buka McManaman, dalam wawancara eksklusifnya pada Goal Indonesia.

"Anda juga tidak bisa bilang bahwa Madrid memenangkan tiga gelar Liga Champions beruntun karena Cristiano. Akan sangat sulit memang untuk mempertahankan gelar itu, tapi Madrid punya kans yang sama besarnya dengan tim lain," terangnya.

Walau begitu McManaman enggan memberi prediksi akan sampai di mana Madrid melangkah di Liga Champions musim depan. Hal itu terjadi karena Sergio Ramos cs kerap hadirkan hasil mengejutkan kala terlihat sulit lolos.

"Saya tidak bisa memprediksi akan sampai di mana Madrid di Liga Champions musim depan. Jika Anda kerap melihat bentrok Madrid di Liga Champions, selalu muncul saat di mana mereka tampak akan tersingkir lebih awal. Saat kalah dari VfL Wolfsburg, kalah melawan Juventus dan Bayern Munich musim lalu, tapi pada akhirnya mereka yang lolos," ujarnya.

"Kadang itulah yang Anda butuhkan, kadang Anda butuh sedikit kebutuhan. Ketika Anda berhasil lolos, artinya Anda bakal memiliki segala peluang untuk jadi juara. Jadi Anda harus menanti dan melihat apa yang akan terjadi," jelasnya. (fft/om)